Jelajah
IMG-LOGO

Optimalisasi Potensi Kebudayaan Desa Ngablak : Mahasiswa KKN Undip Membuat Video Dokumenter Kelompok Seni Desa Ngablak

Create By 21 August 2024 49 Views

    Desa Ngablak merupakan desa yang terletak di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dan dikelilingi oleh Gunung Andong, Gunung Telomoyo, dan Gunung Merbabu. Berada di daerah pegunungan membuat Desa Ngablak memiliki pemandangan yang indah dan memiliki udara yang sejuk, selain lokasinya yang nyaman dan indah, desa Ngablak juga memiliki potensi yang bisa menjadi daya tarik wisatawan maupun masyarakat umum yaitu adalah potensi kebudayaan.

   Desa Ngablak memiliki kebudayaan yang menarik dengan beberapa tradisinya, salah satu tradisi yang paling terkenal di Desa Ngablak adalah Saparan, tradisi ini dilaksanakan tiap tahun saat bulan sapar dan sebagai bentuk syukur masyarakat Desa Ngablak atas satu tahun yang dilalui, dalam saparan juga terdapat pementasan seni latar oleh kelompok seni di Desa Ngablak, kesenian yang ditampilkan juga merupakan kesenian khas dari daerah Desa Ngablak. Kondisi itu membuat desa Ngablak dikenal dengan potensi budaya yang kaya, namun masih banyak yang tidak mengetahui tentang keberadaan kelompok seni di Desa Ngablak.

    Dari kondisi itu membuat Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro mencoba untuk memperkenalkan kelompok seni di Desa Ngablak kepada masyarakat umum dengan membuat video dokumenter mengenai sejarah singkat kelompok seni di Desa Ngablak dan hasilnya akan diunggah pada laman resmi desa dalam upaya memperkaya informasi potensi desa serta untuk mengenalkan kelompok seni di Desa Ngablak agar dapat lebih dikenal oleh masyarakat umum terlebih oleh masyarakat sekitar wilayah desa Ngablak.

    Video dapat dilihat melalui klik disini :

    Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro membuat video dokumenter dengan melakukan wawancara dengan tokoh-tokoh penting dalam kelompok seni di Desa Ngablak dan mengikuti latihan rutin dari kelompok seni di Desa Ngablak, serta mencari video pentas dari kelompok seni di Desa Ngablak dari media youtube lalu disatukan dan diolah menjadi satu video dokumenter.