Jelajah
IMG-LOGO

Transformasi Data Kependudukan: Dashboard Dinamis untuk Desa Ngablak

Create By 21 August 2024 36 Views

     Monografi kependudukan merupakan penyusunan berbagai informasi kependudukan yang menggambarkan profil data komposisi penduduk suatu wilayah. Keberlanjutan penyusunan data monografi sangat penting untuk menjaga agar data selalu diperbarui dari waktu ke waktu. Di Kantor Desa Ngablak, monografi kependudukan disajikan dalam bentuk standing banner yang dibuat oleh Tim KKN UII Tahun 2023. Namun, data tersebut belum diperbarui dengan data tahun 2024.

    Oleh karena itu, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Diponegoro menginisiasi program inovatif berupa pembuatan dashboard dan infografis data monografi kependudukan Desa Ngablak dalam bentuk Excel dan Poster. Program ini khusus ditujukan bagi pegawai kantor desa, dengan tujuan agar mereka dapat memperbarui visualisasi monografi secara langsung sesuai dengan perubahan data yang ada. Pembuatan infografis juga menjadi salah satu media yang efektif untuk menyampaikan informasi, karena dianggap lebih menarik dan memudahkan pembaca dalam memahami informasi yang disampaikan. Keberjalanan program ini didampingi langsung oleh Ardiaz Ajie Aryandika, S.Kom., M.B.A.

Infografis Desa Ngablak

 

    Saya, Najwa Mayang Vianisa, mahasiswa Fakultas Sains dan Matematika, membuat program kerja monodisiplin "Analisis dan Pembuatan Infografis Mengenai Data Monografi Kependudukan di Desa Ngablak." Program ini menargetkan pegawai Kantor Desa Ngablak sebagai sasaran utama.

Penyampaian Program Kerja oleh Najwa Mayang
Penyampaian Program Kerja Infografis Kependudukan oleh Najwa

    Respon positif datang dari petugas Kantor Desa Ngablak, Bu Alfiani Nurlaili P, S.M., yang menyatakan, “Visualisasi dan analisis data menggunakan Excel sangat membantu untuk keberlanjutan visualisasi data apabila ada perubahan. Hasil dashboard yang disajikan juga memudahkan dalam menganalisis kondisi kependudukan di Desa Ngablak.”

    Program ini tidak hanya menyasar pegawai kantor desa, tetapi juga masyarakat luas yang berkunjung ke kantor Desa Ngablak. Mereka dapat melihat poster infografis kependudukan dan mendapatkan pemahaman mengenai data kependudukan di Desa Ngablak. Penulis berharap dengan adanya dashboard visualisasi menggunakan Excel dan poster infografis, Desa Ngablak dapat terus memperbarui pendataan secara rapi dan menarik untuk dianalisis.